Jakarta Press | Beginilah Cara Hindari Radiasi Ponsel

Written By Unknown on Kamis, 03 Mei 2012 | 00.43


World Health Organization (WHO) merilis hasil penelitian, radiasi telepon genggam bisa menyebabkan kanker otak. Tingkat bahaya radiasinya sama dengan zat karsinogenik seperti timbal, asap knalpot dan kloroform.
Penelitian itu dilakukan sebuah tim yang beranggotakan 31 ilmuwan dari 14 negara. Kesimpulannya, ditemukan bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel.
Kesimpulan itu dibuat setelah dilakukan peninjauan lebih mendalam tentang keamanan menggunakan ponsel. Tim menemukan cukup bukti untuk mengkategorikan radiasi ponsel sebagai sejenis zat berbahaya bagi manusia.
Kenyataan ini pasti membuat cemas penduduk dunia, yang separuhnya menggunakan jenis alat komunikasi praktis itu. Jika ingin terhindar dari resiko itu, sebaiknya kurangi penggunaan ponsel. Atau ikuti beberapa cara berikut ini.
1. Gunakan Headset
Mungkin ini cara paling mudah dan aman. Penggunaan headset akan memberikan jarak aman antara ponsel dan otak. Namun pilih headset konvensional yang masih menggunakan kabel. Jangan menggunakan headset wireless. Fitur bluetooth di ponsel jangan ‘on’ terus, gunakan seperlunya. Atau gunakan casing berkemampuan khusus yang bisa meminimalisir hantaran radiasi dari ponsel.
2. Pakai Speakerphone
Menggunakan speaker ketika bertelepon juga bisa menjadi pilihan. Namun tentu saja, ada rasa kurang nyaman ketika hal ini dilakukan di tempat publik. Tapi setidaknya, Anda tidak harus menempelkan ponsel di kepala ketika bertelepon.
3. Sinyal Lemah
Jangan bertelepon-ria di sudut ruangan atau daerah yang sinyal teleponnya lemah. Sinyal  yang lemah justru sebagai pemicu radiasi yang lebih tinggi.  Jangan berjalan-jalan ketika bicara pakai ponsel. Dalam keadaan bergerak, ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang justru akan menguatkan radiasi.
4. Taruh Saja
Biasanya kita tidak bisa lepas dari ponsel yang digenggam terus atau di dalam saku. Untuk hindari pengaruh radiasi, jika tidak sedang digunakan lebih baik ponsel ditaruh di tas atau di atas meja.
5. Kiri Kanan
Jangan selalu menggunakan telinga kiri atau kanan saja saat bertelepon. Manfaatkan kedua telinga untuk meminimalisir radiasi. [fir/fu]
Sumber : http://www.jakartapress.com/detail/read/1158/beginilah-cara-hindari-radiasi-ponsel

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik