Jakarta Press | Yoga, Antara Gaya Hidup dan Olahraga

Written By Unknown on Kamis, 26 April 2012 | 09.13


 Yoga, kini menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kebugaran. Pergi ke Yoga pun kini menjadi salah satu gaya hidu. Ya ini karena Yoga mampu menjadi alternatif olahraga bagi orang yang mudah cemas dan putus asa.
Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine meneliti tingkat kegelisahan dan mood orang-orang yang beryoga 1 jam sebanyak 3 kali seminggu. Dan hasilnya? Yoga berhasil memperbaiki mood dan membuat orang merasa lebih bahagia.
“Berlatih yoga dapat meningkatkan tingkat asam amino dan neurotransmitter GABA (gamma-aminobutyric acid) yang berfungsi untuk menurunkan rasa gelisah,” kata Chris Streeter, neurolog, psikiater yang juga memimpin penelitian itu.
Selain meningkatkan level GABA, cara bernapas para yogini yang lambat dan dalam, dapat meningkatkan aliran oksigen yang masuk. Tak heran, seluruh organ tubuh, termasuk otak kemudian dapat berfungsi secara optimal. Hal ini dipaparkan oleh Anita Herur, MD, asisten profesor bidang fisiologi di S. Nijalingappa Medical College, India.
Studi ini diperkuat dengan penelitian yang dipublikasikan dalam Al Almeen journal of Medical Sciences. Penelitian ini melihat pada efek fisik yang ditimbulkan oleh yoga pada yogini baru dan menghubungkannya dengan perbaikan mood secara keseluruhan.
Peneliti menemukan, terjadi peningkatan yang signifikan di sistem saraf parasimpatetik (saraf yang menyebabkan relaksasi) para subjek penelitian setelah 3 bulan berlatih yoga. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan beryoga, kita pun akan merasa lebih rileks dan nyaman dengan diri sendiri.
How to do yoga:
“Jika kita termasuk orang baru dalam yoga, maka hal pertama yang harus dipelajari adalah belajar cara bernapas yang benar,” kata Lynn Louise Wonders, guru yoga dan pemilik Yoga Room di Marietta, Georgia.
Bernapaslah melalui hidung selama 5 hitungan. Tahan napas selama 2 hitungan dan buang napas dalam 5 hitungan. Hal ini akan mengosongkan paru-paru secara sempurna. Lakukan hal ini sebanyak 5 kali.
Setelah menguasai cara bernapas, kita pun siap untuk mengombinasikannya dengan gerakan. Ikutilah kelas pemula dengan instruktur yoga yang berkualitas serta disiplin hadir pada kelas tersebut selama 1 jam seminggu. Bahkan dengan melakukan yoga 10 menit setiap hari dapat meningkatkan mood kita secara signifikan.
Kuncinya adalah konsistensi dalam melakukan yoga. Jadi, tunggu apalagi. Mulailah melihat hidup dengan cara yang lebih indah dengan gerakan-gerakan yoga. Selamat mencoba. (tia/ln)
Sumber: http://www.jakartapress.com/detail/read/7409/yoga-antara-gaya-hidup-dan-olahraga

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik